Search

Ini Risiko Orang-orang Korut Nonton Drama Korea, Bisa Ditembak Mati - Wolipop

Jakarta - Bukan rahasia lagi bahwa Korea Utara adalah negara tertutup dengan aturan-aturan ketat yang membatasi warganya mengakses dunia luar. Salah satunya adalah dengan melarang orang-orang Korut untuk tidak menonton serial drama dari negeri tetangga. Bukan sekadar peringatan, jika tertangkap mereka bahkan bisa mempertaruhkan nyawa.

Seperti dalam drakor Crash Landing On You, orang-orang Korea Utara hidup tanpa banyak akses ke dunia luar, terlebih negara tetangga Korea Selatan. Namun tentu ada saja sebagian orang yang melanggar aturan secara diam-diam, mulai dari menyelundupkan produk kecantikan hingga DVD drama Korea. Diceritakan oleh seorang mantan warga Korea Utara jika anak-anak muda di sana sering menonton KPop dan KDrama melalui USD.

Seorang pembelot Korut dalam akun YouTube-nya Nolsae Nara TV mengungkap bagaimana KPop dan drakor tersebar di sana meski tidak diperbolehkan. Dikatakan jika orang-orang dekat perbatasan umumnya bisa mengakses televisi Korsel melalui antena. Sedangkan mereka yang ada di daerah lain menggunakan CD dan DVD selundupan. Namun kini USB lebih populer karena lebih mudah disalin. Walau dilarang, USB berisi acara-acara Korea dijual di pasar di penjuru Korut.
Ini Risiko Orang-orang Korut Nonton Drama Korea, Bisa Ditembak MatiFoto: YouTube
"Kesimpulannya, media KPop dan drama akan selalu dilarang di Korea Utara. Tidak ada cara lain. Itu dulu dan masih dilarang. Tapi orang-orang selalu tertarik dengan hal-hal yang dilarang," ungkapnya.

Mengetahui ketatnya aturan di Korea Utara, menonton drama dan idol Korea tentu datang dengan konsekuensi yang tidak ringan. Dikatakan jika mereka sebenarnya tengah mempertaruhkan nyawa karena bisa saja ditembak mati karenanya. YouTuber itu bahkan pernah menyaksikannya sendiri.

"Jika kamu ketahuan menonton, kamu bisa ditembak mati. Aku sebenarnya pernah melihatnya sendiri ketika berusia 16 tahun. Alasan mereka dieksekusi adalah mengopi drama Korea Selatan secara ilegal dan mendistribusikannya.
Ini Risiko Orang-orang Korut Nonton Drama Korea, Bisa Ditembak MatiFoto: YouTube
"Ada pasangan yang melakukannya di basement dan mendistribusikannya. Mereka bahkan punya anak berusia enam tahun. Biasanya tiga generasi bisa dibunuh di Korea Utara. Tapi mereka membiarkan anaknya tetap hidup. Dia bahkan ditaruh di depan bersama neneknya (untuk melihat eksekusi)," ungkapnya.

Pembelot Korea Utara itu pun mengaku trauma ketika melihat kejadian tersebut. Ia bahkan melewatkan tiga atau empat kali waktu makan dan sempat berpikir untuk tidak lagi nonton drama Korea. Namun hal tersebut tak berlangsung lama karena ia kembali menikmati acara-acara Korea yang dianggap membuat hidup lebih menyenangkan di sana.

Simak Video "Pose Para Selebriti di Red Carpet Golden Globe Awards 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)

Let's block ads! (Why?)



"drama" - Google Berita
January 06, 2020 at 05:17PM
https://ift.tt/35uuAHU

Ini Risiko Orang-orang Korut Nonton Drama Korea, Bisa Ditembak Mati - Wolipop
"drama" - Google Berita
https://ift.tt/352jDhM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Risiko Orang-orang Korut Nonton Drama Korea, Bisa Ditembak Mati - Wolipop"

Post a Comment

Powered by Blogger.