Search

Peringatan Hari Guru Nasional, Drama Siswa Bikin Guru Menangis Haru - Serambi Indonesia

Beragam cara dilakukan para siswa untuk merefleksikan kecintaannya kepada guru. Ada yang membasuh kaki guru, ada pula yang memberikan kue dan kado sebagai hadiah ulang tahun. Tak jarang, semua itu diawali dengan sebuah aksi maupun drama dengan tujuan memberi kejutan. Seperti yang terjadi di MTsN 1 Banda Aceh.

Upacara peringatan hari guru nasional (HGN) dan HUT ke 74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) baru saja usai di MTsN 1 Banda Aceh, Senin (25/11/2019). Tapi, perayaan yang sebelumnya berlangsung kidmat itu tiba-tiba berubah menjadi histeris.

Beberapa polisi berseragam dinas masuk ke pekarangan sekolah dengan mobil patroli. Para guru dan siswa yang sedang mengikuti upacara tampak sangat terkejut. Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar yang menjadi inspektur upacara itu, juga terlihat kaget.

Keadaan semakin tegang ketika mengeluarkan seorang siswa MTsN 1 Banda Aceh dari mobil. Dengan tangan diborgol, siswa itu dibawa ke tengah lapangan dan diinterogasi terkait kepemilikan barang haram. Polisi mengatakan, siswa itu ditangkap karena kedapatan mengonsumsi narkoba.

Beberapa guru terlihat panik dan cemas. Raut wajah mereka tegang. Seorang guru mencoba mendekati polisi menanyakan perihal apa yang terjadi sehingga anak didiknya harus ditangkap. Dia bahkan meminta polisi untuk menyelesaikan masalah itu di ruang saja, jangan di tengah lapangan.

Tapi polisi tidak mau. Bahkan dari pengembangan siswa tadi kemudian polisi berhasil menangkap satu siswa lain yang diduga sebagai pengedar sabu-sabu. Para guru dan siswa MTsN Model terlihat semakin panik dan ada yang menangis tersedu-sedu.  

Suasana yang tadi ceria dan penuh dengan senyum saat memperingati hari guru, tiba-tiba berubah dengan ketegangan. Para dewan guru tidak menyangka, ada anak didiknya yang mengonsumsi dan mengedar sabu-sabu.

Di tengah kepanikan tersebut, tiba-tiba sekitar 15 siswa dari pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) masuk ke arah lapangan dengan membawa tumpeng, buket, dan kalungan bunga dan sepasang merpati untuk memberi kejutan kepada para gurunya. Wajah-wajah yang awalnya terlihat tegang, seketika berubah. Mereka kembali tersenyum dan ceria.

Begitu mengetahui mendapat surprise dari anak didiknya, para guru tadi kembali menangis terharu, tek terkecuali dengan guru pria. Kemudian, satu persatu sang pendidik memeluk erat siswanya dengan penuh kasih sayang. "Saya sempat syok melihat ada siswa dibawa polisi," kata salah satu guru, Isriani.

Guru lain, Khairiyah Rahma Lubis juga mengaku sangat terkejut dengan drama ala siswanya. "Tentu saya terkejut, meskipun awalnya saya begitu yakin ini hanyalah acting. Tapi karena yang ditangkap adalah anak kelas saya, saya sempat khawatir karena semuanya terlihat sangat serius," katanya.

Kekhawatiran itu muncul, lanjutnya, karena pertunjukan penangkapan itu sangat serius, baik dari siswa maupun polisi. Sehingga membuatnya terbawa suasana sampai akhirnya menangis tak karuan.

"Ternyata benar, semua hanyalah prank, dan saya sedikit kesal karena bisa tertipu padahal di awal sudah sangat yakin di Hari Guru ini tidak mugkin tiba terjadi hal seperti ini. Saya yakin anak murid saya anak yang baik, tidak mungkin terlibat dengan hal-hal seperti itu," ungkap Rahma.

Ketua OSIM MTsN 1 Banda Aceh, Furqan Rahmatillah mengatakan, surprise itu diberikan oleh siswa untuk melihat rasa kasih sayang dan bentuk kesedihan seorang guru ketika melihat anak didiknya terlibat dalam masalah.

Skanario itu, jelas Furqan, juga sebagai edukasi kepada siswa lain agar menjauhi narkoba, karena menggunakan narkoba bisa merusak diri. "Melalui kegiatan itu kami ingin menyampaikan pesan agar menjauhi narkoba," katanya didampingi Tarmizi SPd, Humas MTsN 1 Model Banda Aceh.

Furqan menyatakan, pertunjukan itu terlaksana berkat kerja sama OSIM dengan Polsek Kuta Alam. Di akhir pertunjukan, Kepala MTsN 1 Banda Aceh, Junaidi Ibas dan Wakapolsek Kuta Alam, Ipda Supriadi bersama para siswa, guru serta anggota Polsek Kuta Alam melepaskan merpati ke udara.(masrizal bin zairi)

Let's block ads! (Why?)



"drama" - Google Berita
November 26, 2019 at 09:46AM
https://ift.tt/33kv81V

Peringatan Hari Guru Nasional, Drama Siswa Bikin Guru Menangis Haru - Serambi Indonesia
"drama" - Google Berita
https://ift.tt/352jDhM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peringatan Hari Guru Nasional, Drama Siswa Bikin Guru Menangis Haru - Serambi Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.